CLOSE ADS
CLOSE ADS
May 16, 2022
tarian sumatera utara
  • Save

Cuma Tahu Tor Tor? Ini 7 Tarian Sumatera Utara yang Perlu Diketahui

Di Sumatera Utara tidak hanya ada suku Batak. Karenanya tari daerahnya pun bukan cuma Tor Tor.

Berikut 7 tarian Sumatera Utara yang perlu diketahui selain Tari Tor Tor. Supaya tidak kudet.

  1. Tari Serampang Dua Belas. Tarian ini asli Deli Serdang. Dibawakan oleh 12 orang pemuda-pemudi berpakaian cerah. Biasanya merah muda. Musik iringannya rebana dan kecapi. Pesannya tentang bagaimana hidup berumah tangga dari mulai mencari jodoh sampai menikah. Selain karena dimainkan 6 pasang pemuda-pemudi, sebutan dua belas juga berasal dari dua belas gerakan tarinya.
  2. Tari Piso Surit. Piso artinya pisau dalam bahasa Batak Karo, Sumatera Utara. Namun Piso Surit berarti suara nyaring burung berkicau bernama Pincala. Ceritanya tentang kerinduan seorang gadis akan kekasihnya. Meski begitu, tari piso surit dibawakan oleh sekelompok pemuda dan pemudi.
  3. Tari Balanse Madam. Suku Nias di seberang Palinggam meneruskan tradisi dansa-dansi yang dibawa oleh pendatang Portugis. Tarian Balanse Madam dimainkan dengan iringan musik Gamat.
  4. Tari Toping Toping, atau biasa juga disebut Tari Huda Huda. Toping artinya topeng dalam bahasa Batak Simalungun. Tarian ini digelar pada upacara pemakaman. Tarian ini terdiri dari dua babak. Babak pertama yang disebut Mandiguri digelar pada malam hari. Pada babak ini yang dimainkan adalah Huda Huda, yaitu kain yang diberi topeng burung enggang. Konon, burung enggang dianggap sebagai pembawa arwah pada Sang Pencipta. Babak kedua yang disebut Mangiliki yang diadakan pada siang hari untuk menyambut para pelawat. Di babak ini, para penari dirias sesuai peran dan topengnya. Para penari pria akan memakai toping dalahi dan yang dirias perempuan akan memakai toping daboru. Meski semua penari sebenarnya pria tapi gerakannya pun dibedakan seperti pria dan perempuan.
  5. Tari Maena, mungkin dari semua tarian di Sumatera Utara, tarian ini paling sederhana gerakannya. Tari ini melambangkan kebahagiaan dan kebersamaan. Kesulitan dari tari ini adalah rangkaian pantun yang dibawakan oleh dua orang yang disebut Sanutuno Maena.
  6. Tari Sirih atau Tari Persembahan dari suku Melayu, yang ada di Sumaera Utara. Biasanya dibawakan setiap ada tamu kehormatan yang berkunjung atau jika ada pembukaan suatu acara besar.
  7. Tari Baluse atau disebut juga Tari Fataele. Tarian ini berasal dari Suku Nias dan merupakan tarian perang. Disebut Baluse karena para penari pria dalam tarian ini menggunakan perisai Baluse selain tombak yang panjangnya dua meter. Para penari dalam pakaian perang yang berwarna merah dan kuning diatur dalam formasi empat jajaran panjang.

Nah, sudah tahu kan tarian Sumatera Utara apa saja?

( Penjelasan soal tarian Sumatera Utara ini Dihimpun dari berbagai sumber ).

2 thoughts on “Cuma Tahu Tor Tor? Ini 7 Tarian Sumatera Utara yang Perlu Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

drama julius caesar
  • Save
Previous post Petikan menarik Drama Julius Caesar karya Shakespeare Babak 2 Adegan 3
ucapan ulang tahun
  • Save
Next post 10 ucapan ulang tahun yang berkesan karena tidak biasa
Share via
Copy link
Powered by Social Snap