CLOSE ADS
CLOSE ADS

Makan ikan Itu sehat tapi 4 jenis ikan ini harganya bisa bikin sakit kepala

Baru-baru ini ada yang kaget karena ditagih sampai 4.1 juta rupiah gara-gara makan ikan di restoran.

Berikut ini empat jenis ikan yang tergolong mahal untuk dikonsumsi. Daripada kantong bolong, lebih baik hindari makan ikan ini.

Let’s cekidoot!

Cek dulu harganya, hati-hati makan ikan berikut ini:

  1. Ikan Sidat. Ikan mahal pertama bernama latin Anguilla marmorata ini bentuknya seperti belut. Bedanya, tubuhnya lebih gempal. Ikan ini memiliki gizi yang tinggi. Di Indonesia, orang jarang makan ikan ini, karena harga per kilonya mencapai 100 – 200 ribu rupiah per kilogram. Saking diminati di Jepang, ikan sidat justru banyak diekspor. Harga per kilo untuk ekspor bisa mencapai jutaan rupiah.
  2. Ikan Betutu. Di beberapa tempat, ikan yang tergolong ikan mahal ini punya nama yang berbeda. Ada yang menyebutnya bakutut, bakut, belosoh, bahkan ikan hantu karena tampilannya menyeramkan. Ikan bernama latin Oxyeleotris marmorata berbentuk seperti ikan gabus, karenanya sering disebut juga ikan gabus malas. Bedanya, ikan ini lebih sulit dibudidayakan. Hal inilah yang membuat ikan ini bernilai jual tinggi. Satu kilogramnya bisa mencapai 120 sampai 180 ribu rupiah.
  3. Ikan Gabus. Banyak ditemukan pada perairan darat seperti danau, sungai, rawa-rawa, sawah, bahkan saluran air di dekat rumah, tidak menjadikan ikan ini murah. Di beberapa kawasan di Indonesia, ikan ini dikenal sebagai ikan kutuk, licingan, bogo, kocolan, bocek, haruan, bayong, kabos, dan lainnya. Makanan ikan ini serangga, berudu, dan ikan kecil lainnya. Karenanya sering dianggap hama. Harga ikan mahal ini tergantung dari musim. Saat musim hujan, harganya jadi naik. Per ekor bisa mencapai 30 ribu rupiah. Jika per kilogram bervariasi dari 70 ribu sampai 170 ribu rupiah.
  4. Ikan Pedih. Di wilayah Aceh Tengah, konon hanya para raja dan keturunannya yang boleh menyantap ikan ini. Di Kuningan dan Sumedang bahkan dijuluki ikan keramat atau ikan dewa, dan tidak boleh dikonsumsi. Demikian juga di Sumatera Barat disebut sebagai Ikan Larangan. Bisa ditemukan di Danau Toba dengan nama Ikan Batak, sedangkan di Sumatera Selatan disebut sebagai ikan Semah. Sedangkan di daerah lain disebut ikan kerling, ikan kebaro, atau ikan gegaring. Habitatnya di hulu sungai yang jernih dengan arus air yang deras. Termasuk ikan mahal yang jarang sekali ditemukan di pasar, karena populasinya yang terus menurun setiap tahun. Per kilogramnya berkisar antara 300 sampai 600 ribu rupiah.

Kalau uang di dompet Anda tipis, coba hindari makan ikan mahal ini, ya.

Cekidoooot terus ya, artikel seru lainnya.

1 thought on “Makan ikan Itu sehat tapi 4 jenis ikan ini harganya bisa bikin sakit kepala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap