CLOSE ADS
CLOSE ADS

Terungkap! Inilah 10 Binatang Paling Banyak Dipelihara Orang Indonesia!

Menurut data Statista, tahun 2018, ada 10 jenis binatang paling banyak dipelihara orang Indonesia.

Binatang apa saja? Ternyata bukan cebong, pampret, atau kadal gurun.

Menurut data Licorice, sebanyak 66% dari orang Indonesia memiliki binatang peliharaan. Tiga jenis berasal dari mamalia, sedangkan jenis lainnya dalam survei tersebut adalah burung dan ikan.

Apa saja? Let’s Cekidooot!

  • Kucing

Kucing menduduki peringkat teratas dalam daftar binatang paling banyak dipelihara, dengan persentase 37%. Hal ini dapat dimaklumi karena Indonesia adalah mayoritas muslim.

Di samping itu, kucing juga termasuk binatang yang manja. Sangat tergantung pada pemiliknya. Bahkan kucing dikatakan sebagai binatang yang pandai memanipulasi pemiliknya demi keuntungan dirinya. Baik berupa makanan, maupun perawatan.

  • Burung

Khususnya burung berkicau dan burung berbulu cantik menjadi binatang paling banyak dipelihara orang Indonesia. Persentase kepemilikan burung di Indonesia mencapai 19.3%. Para raja dan bangsawan Jawa pada zaman dahulu suka memelihara perkutut.

Ciri khas perkutut menjadi hal yang paling penting diperhatikan. Tak heran ada penyair yang menuliskan puisi-puisi berdasarkan ciri perkutut sebagai tema kumpulan puisinya. Adalah almarhum Gunawan Maryanto yang menuliskan katuranggan atau ciri khas dari masing-masing perkutut dalam kumpulan puisinya “Sejumlah Perkutut buat Bapak.”

  • Ikan Emas

Di luar dugaan, ikan emas menjadi binatang paling banyak dipelihara nomor tiga oleh orang Indonesia. Persentasenya mencapai 15,6%.

Banyak dongeng atau legenda di Indonesia juga dikaitkan dengan ikan emas. Asal usul Danau Toba misalnya.

Dalam legenda Bawang Merah Bawang Putih, ikan emas menjadi binatang yang sering menjadi tempat curhat Bawang Putih. Konon, ikan emas itu adalah penjelmaan dari almarhum ibundanya.

Ikan emas selain menjadi peliharaan juga menjadi komoditas. Daerah yang populer sebagai budidaya ikan Mas / Karper saat ini adalah daerah Galuh (Ciamis) Jawa Barat, Bukittinggi (Sumatera Barat), Tondano (Minahasa, Sulawesi Utara), daerah Bali Selatan (Tabanan), Ende (Flores, NTT) dan Sulawesi Selatan.

  • Anjing

Binatang ini menempati urutan keempat dari jenis binatang paling banyak dipelihara oleh orang Indonesia. Persentasenya sekitar 15,5%.

Kepatuhan binatang ini membuatnya sering dijadikan sebagai penjaga rumah.

Anjing juga dijadikan binatang yang diperbantukan dalam berburu hewan liar di dalam hutan.

Ada tradisi berburu babi di daerah Minangkabau yang menggunakan anjing yang dipersiapkan secara khusus. Demikian pula di Jawa Barat, ada tradisi bernama Adu Bagong, yang menyajikan bagaimana anjing-anjing itu menangkap dan membunuh babi hutan. Tradisi ini kemudian menjadi kontroversi karena dianggap telah menyimpang dari budaya asli.

1 thought on “Terungkap! Inilah 10 Binatang Paling Banyak Dipelihara Orang Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap